Friday, June 5, 2009

MENGAPA KITA PANTAS MENJADI WAKIL TUHAN? (1)

Ada dua hal yang membuat manusia menjadi istimewa dari makhluk lainnya, yaitu:pertama, Allah mengajarkan kepada manusia pengetahuan tentang seluruh nama-nama. Manusia ketika itu adalah Nabi Adam as. Yang perlu dipahami disini adalah: bila kita menyebut nama Adam, maka berarti yang dimaksudkan adalah Adam sebagai manusia yang juga mewakili kemanusiaan kita, bukan Adam sebagai pribadi tersendiri yang berbeda dengan manusia lainnya.

Kepantasan Adam sebagai khalifah antara lain adalah karena ia beroleh pengetahuan tentang nama-nama seluruhnya. Malaikat tidak beroleh nama-nama kecuali yang diajarkan Allah kepada mereka. Oleh karena itu, Malaikat tidak mengetahui perbuatan selain perbuatan-perbuatan baik, seperti memuji dan bertasbih. Begitu juuga dengan setan, amal perbuatannya berseberangan dengan malaikat. Sedangkan manusia mengenal nama-nama , baik yang positif (nama-nama yang dikenal Malaikat) maupun negatif (nama-nama yang dikenal setan). Dengan mengetahui seluruh nama-nama itu, manusia mengenal perbuatan-perbuatan malaikat dan perbuatan-perbuatan setan.

Dengan pengetahuan tersebut, manusia mempunyai dasar kemampuan untuk menjaga keharmonisan alam semesta. Alam semsta dibangun dengan struktur yang berpasangan. Manusia mengerti bagaimana memahami struktur yangberpasangan itu. Manusia mengerti bagaimana harus memperlakukan siang dan malamyang datang silih berganti. Manusia mengerti bagaimana harus menyikapi kondisi baik-buruk atau hitam-putih kehidupan.

Dibumi, manusia menghadapi situasi dan kondisi kehidupan yang selalu berpasangan, seperti: suka-duka, manis-pahit dsb. Tanpa pengetahuan nama-nama seluruhnya, manusia akan kebingunan dengan situasi yang kadang senang dan kadang susah. Manusia belajar tentang hal-hal baik tapi tak jarang dia melihat kenyataan yang buruk. Untuk itu manusia beroleh pengetahuan nama-nama yang lengkap mencakup semua pasangan-pasangan itu.

Malaikat hanya beroleh sebagian nama-nama, begitupula dengan setan. Karenanya mereka hanya memandang baik diri mereka sendiri, selainnya tidak sebaik mereka. Setan berkata: aku lebih baik daripadanya. Dan Malaikat berkata: aku selalu bertasbih dengan memuji-Mu sedangkan mereka selalu menumpahkan darah dan berbuat kerusakan. Allah swt berfirman: sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Allah telah mengajarkan manusia pengetahuan yang lengkap menyeluruh.

Nah, tugas kekhalifahan menuntut pengetahyan yang lengkap, maka Adam as diberikan pengetahuan selengkap-lengkapnya, dan pengetahuan yang menjadi dasar bagi berkembangnya pengatuan lainnya adalah pengetahuan tentang nama-nama.

Comments :

0 comments to “MENGAPA KITA PANTAS MENJADI WAKIL TUHAN? (1)”


Post a Comment